Dewan Kehormatan dan Pengurus Baru PMI Wajib Ikuti Orientasi Kepalangmerahan

PACITAN (pmijawatimur.or.id) – Palang Merah Indonesia (PMI) Proovinsi Jawa Timur mulai membudayakan melakukan orientasi bagi Dewan Kehormatan dan Pengurus baru PMI Kabupaten/kota yang akan dilantik.

Langkah awal telah dilakukan bagi Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Pacitan, periode 2024-2029 di di Ruang Rapat Sekda, Pemkab Pacitan, Rabu (19/6/2024). Orientasi disampaikan oleh Kabid Organisasi PMI Prov Jatim Dr. Muchamad Taufiq, SH.,MH yang langsung di pantau Sekretaris Dr. Edy Purwinarto,Msi.

Kabid organisasi PMI Muchamad Taufiq menjelaskan, orientasi ini bertujuan agar pengurus setelah pembelajaran pokok bahasan ini dapat menjelaskan Profil PMI, mengetahui tata kelola PMI, memahami karakter dan pembangunan citra PMI, mengetahui potensi sumber daya untuk keberlanjutan organisaai.

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga sejarah berdirinya Palang Merah di Indonesia sejak era penjajahan hingga terbitnya UU No. 1/2018. Maknanya bahwa PMI eksistensinya telah ada sejak masa perjuangan untuk merdeka.

Penting diketahui calon pengurus PMI bahwa penyelenggaraan Kepalangmerahan dilakukan oleh Pemerintah dan PMI. Sementara Penyelenggaraan yang dilaksanakan oleh PMI dikelola oleh  3 Pilar yaitu Pengurus, Pegawai dan Relawan.

Ketiga unsur ini bersinergi mewujudkan visi “Terwujudnya PMI yang profesional, berintegritas serta bergerak bersama masyarakat”. Hal itu dilakukan dengan Profesional, Berintegritas, dan Bergerak bersama masyarakat,” kata Muchamad Taufiq yang juga seorang dosen di Lumajang ini.

Khusus tentang Karakter Berintegritas  dalam pengelolaan melaksanakan mandatnya, PMI berpegang teguh kepada Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Kode Etik (perilaku) dan ketentuan perundangan yang berlaku. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *