Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana Dalam Rangka Memperingati 20 Tahun Tsunami Aceh

Palang Merah Indonesia sebagai Organisasi Sosial Kemanusiaan yang terlibat langsung dalam tugas-tugas kebencanaan turut hadir dengan menampilkan program-program unggulan di berbagai wilayah se Indonesia. Dalam kegiatan ini PMI Pusat bekerjasama dengan PMI Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Utara, Jawa Tengah, Kabupaten Banyuwangi, Kota Surabaya, Kota Medan, Kota Sukabumi dan Kabupaten Wonogiri diselenggarakan BNPB secara Nasional sejak tanggal 08/10/2024 sampai dengan 11/10/2024 di Banda Aceh.

."PMI Kabupaten Banyuwangi bersama dengan PMI Propinsi Jawa Timur turut mendukung acara Peringatan Bulan PRB di Banda Aceh. Sebagai pelaksana program Kesiapsigaan Gempa bumi Indonesia yang di dukung Palang Merah Amerika dan di danai oleh BHA USAID, PMI Kabupaten Banyuwangi mengirimkan 4 personil yang terdiri Plt. Ketua PMI Kab. Banyuwangi, Koordinator lapangan Program EQR phase 2, dan 2 orang Sibat dari wilayah pelaksana program. " ungkap Ismiyati Korlap Program EQR 2 PMI Kabupaten Banyuwangi.

Selain PMI Kab. Banyuwangi hadir pula Korlap Program EQR dari PMI Propinsi Jawa Timur Andris Rufianto Putro. Beliau menyampaikan, "Dari PMI Jawa Timur selain Program EQR kami juga mengirimkan perwakilan Program Coastal Climate and Heat Action Project (CoCHAP) dari PMI Kota Surabaya sebanyak 2 orang untuk mengikuti Peringatan Bulan PRB di Aceh ini."

2 Sibat yang dikirim Kabupaten Banyuwangi mengemban tugas yang berbeda. Mendukung booth PMI Pusat, Danang sebagai vokal point program Retrofitting Penguatan Rumah Aman Gempa. Dan Yulianing berperan sebagai vocal point terkait retrofitting dan KUAT di booth USAID yang mendanai penuh program EQR 2 PMI Kabupaten Banyuwangi.

Kedua Sibat dan Korlap PMI Kabupaten Banyuwangi mendukung juga dalam persiapan booth sebelum pelaksanaan pameran kebencanaan. Dan suatu kehormatan booth PMI di kunjungi oleh Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial ekonomi dan Sumber daya alam BNPB ibu Supartini, saat proses persiapan boot.

"Pembukaan pameran yaitu pada tanggal 8/10/2024 di Gedung Balee Meusuraya Aceh (BMA), Pameran kebencanaan dibuka dan berhasil menyita perhatian warga Aceh. Baik booth USAID maupun PMI di datangi banyak pengunjung. Antusiasme warga menulis harapan dan PRB yang sudah dilakukan di pojok suara Booth USAID menandakan meningkatnya kesiapsiagaan warga pasca mengenang peristiwa 20th Tsunami Aceh." ungkap Yulianing.

Di sisi lain di tempat yang berbeda , Korlap PMI kabupaten Banyuwangi mengikuti kegiatan Talk Show dalam rangkaian acara PRB yaitu Bincang Inklusi dalam Pengurangan Resiko Bencana yang di gelar di SMEA Lamyong Coffee Banda Aceh. "Menurut narasumber Erna Cahyani dari PMI " Bagaimana kedekatan PMI dengan Disabilitas dan difabel telah terkoordinasi dengan baik, PMI melakukan pelayanan dengan memberikan pelatihan pengurangan resiko bencana di beberapa SLB, memberikan pijat refleksi pada saat mudik lebaran melibatkan komunitas teman2 disabilitas, memberikan pelatihan bahasa isyarat untuk relawan di Provinsi Bali dan PMI memberikan sosialisasi PHBS untuk difabel." jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *