Memeriahkan HUT PMI ke 79 PMI Bondowoso Gelar Apel, Bakti Sosial, Donor Darah, Penanaman Pohon dan Distribusi Air Bersih

Bondowoso (pmijawatimur.or.id) - Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 79 Tahun  Palang Merah Indonesia Tahun 2024, PMI Kabupaten Bondowoso mengadakan serangkaian kegiatan sosial di SMPN 1 Wringin. Kegiatan ini meliputi bakti sosial berupa pembagian sembako dan schoolkit 20 paket, untuk SMP Wringin & SDN Jatitamban yang masing – masing mendapatkan 10 paket, penanaman pohon, serta distribusi air bersih bagi warga Dusun Plenggian, Desa Wringin, Kecamatan Wringin. (23/9/2024)

Acara diawali dengan apel bersama di Lapangan SMPN 1 Wringin, yang diikuti oleh perwakilan Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis), relawan, dan staf PMI Kabupaten Bondowoso, serta Siswa SMPN 1 Wringin. Setelah apel, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian sembako dan schoolkit yang berlangsung di SMPN 1 Wringin. Bantuan ini diberikan kepada keluarga kurang mampu dan anak-anak sekolah di sekitar Kecamatan Wringin dengan antusias.

Ketua PMI Kabupaten Bondowoso, Drs. Juni Sukarno, MM bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian aksi kemanusiaan PMI dalam memperingati HUT ke-79. "Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat, mulai dari bantuan sosial, kelestarian lingkungan, hingga pemenuhan kebutuhan air bersih," ujarnya.

Selama kekeringan PMI Bondowoso mendistribusikan air bersih Sejak pertengahan Agustus, telah terdistribusi 75.000 liter air dengan penerima manfaat sebanyak 1134 KK hingga sekarang ini di 8 Desa di 6 Kecamatan. Dan di hari ini bertepatan dengan apel peringatan HUT PMI terdistribusi air sebanyak 5000 liter, di Dusun Pelinggihan RT. 2 dan 3.

Melalui berbagai kegiatan sosial ini, PMI Kabupaten Bondowoso berkomitmen untuk terus hadir dan berperan aktif dalam melayani masyarakat, terutama dalam hal kesejahteraan sosial, pelestarian lingkungan, dan penyediaan kebutuhan dasar bagi mereka yang membutuhkan, tambahnya.

Mulyati (45), salah satu penerima manfaat, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PMI atas kepeduliannya dalam memberikan sembako ini sangat membantu kami dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, dan anak-anak sangat senang dengan perlengkapan sekolah baru yang mereka dapatkan.

Kepala sekolah SMPN 1 Wringin, Tien Roostini, S.Pd., M.Pd. menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PMI Kabupaten Bondowoso atas berbagai bantuan yang telah diberika juga atas kepedulian dan bantuan yang diberikan kepada masyarakat serta anak-anak di sekolah kami. Bantuan sembako, school kit, dan air bersih ini sangat membantu warga yang membutuhkan, terutama di musim kemarau yang cukup sulit ini.Tien Roostini juga memberikan ucapan selamat atas peringatan HUT ke-79 PMI. Kami berharap PMI terus menjadi garda terdepan dalam aksi-aksi kemanusiaan dan semakin sukses dalam menjalankan misinya. Semoga PMI senantiasa diberi kekuatan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, dan terus berperan aktif dalam menjaga kemanusiaan serta kelestarian lingkungan."

Selain pembagian sembako dan school kit, PMI Kabupaten Bondowoso juga melakukan penanaman pohon di lingkungan SMPN 1 Wringin. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, serta membantu menciptakan ruang hijau di sekitar sekolah dan desa.

Selain itu juga PMI ke Dusun Plenggihan Desa Wringin untuk mendistribusikan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau. Distribusi air bersih ini disambut baik oleh masyarakat setempat yang mengalami kesulitan dalam mengakses sumber air bersih.

Juri (38), warga Dusun Plenggian, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan air bersih dari PMI ini. Di tengah kemarau panjang, sulit sekali bagi kami untuk mendapatkan air. Bantuan ini sangat meringankan beban kami dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari," katanya. Dalam rangkaian peringatan HUT ke-79 PMI, Unit Donor Darah PMI Kabupaten Bondowoso juga melakukan kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan pada saat apel besar ASN di Alun-alun RBA.Kironggo. Pj.Bupati Bondowoso Bapak M. Hadi Wawan Guntoro, S.STP., M.Si., CIPA yang berkesempatan untuk mendonorkan darahnya juga menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun pada PMI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *